Saturday, May 2, 2015

Belajar Batik di Kampoeng Wisata Batik Pesindon, Kota Pekalongan

"Hal itu juga sebagai bentuk apresiasi terhadap sebuah karya seni, khususnya karya seni batik tulis."

Tampak dari kejauhan, kampung ini ga ada bedanya dengan kampung-kampung lainnya. Gapura kampung beserta nama kampungnya yang menjelaskan jika kampung ini adalah sebuah kampung batik berdiri dengan kokohnya. Terlihat jelas jalan lorong kampung yang dipenuhi bangunan rumah disetiap sisinya. Tampak beberapa warga lalu lalang di jalan kampung tersebut. Kaki mulai melangkah menyusuri jalan kampung. Kini, aku mulai menemukan sesuatu yang berbeda dari kampung ini. Mulai dari peta kawasan kampung, karikatur yang bergambar berbagai motif batik, hingga puluhan galeri batik yang berjajar rapi disepanjang jalan kampung. Nuansa sebuah kampung batik pun mulai terasa.

Gapura Kampoeng Wisata Batik Pesindon, Kota Pekalongan

Kampoeng Wisata Batik Pesindon, sebuah kampung batik yang terletak di Jalan Hayam Wuruk, kota Pekalongan. Terletak diseberang pasar Anyar. Di kampung batik ini terdapat puluhan galeri batik. Umumnya galeri berbentuk rumah yang kemudian disulap menjadi menjadi sebuah galeri atau butik. Galeri atau butik-butik tersebut memajang berbagai hasil karya dengan bahan kain batik. Tidak hanya kain batik, galeri ini juga menjual pakaian batik untuk pria maupun wanita, sperai bermotif batik, dompet, dan gantungan kunci yang bermotif batik. Biasanya hasil karya yang dipajang di galeri atau butik berupa batik tulis dan batik cap. Hasil karya batik dari kampung Batik Pesindon sudah terkenal dan sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia. Selain galeri, di kampung Pesidon ini pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan batik. Mulai dari proses pembuatan pola atau motif hingga proses pelepasan seluruh malam (lilin) dari kain batik.

Salah satu karikatur di lorong jalan kampung
Seorang Warga Yang Sedang Melintas di Depan Karikatur

Setelah menyusuri jalanan kampung, kita berkunjung disebuah galeri atau butik batik. Galeri itu bernama Larissa. Milik seorang pengusaha batik asli Pekalongan, Bapak Eddy. Nama Larissa sendiri diambil dari salah satu nama putri beliau. Beliau bercerita banyak tentang batik di Pekalongan. Mulai dari motif batik yang ada, hingga perkembangan batik saat ini. Selain itu, beliau juga bercerita tentang proses merintis usaha batiknya mulai dari nol hingga besar seperti sekarang ini. Di galeri ini dipenuhi dengan hasil karya dari kain batik. Banyak pengunjung yang mengunjungi galeri ini. Suasana yang nyaman menjadikan galeri ini layak untuk dikunjungi. Dan tentu saja, hasil karya motif dan corak kain batik tetap menjadi prioritas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Setelah sesi tanya jawab, kita diajak untuk melihat proses pembuatan batik. Baik batik tulis maupun batik cap.

Kain Batik Yang Dijual di Galeri
Foto Bersama Antara Pemilik dan Pengunjung
Pengunjung yang sedang memilih kain batik

Ditempat yang tidak terlalu luas, banyak ibu-ibu yang sedang duduk disebuah bangku kecil. Sambil memegang canting dan kain batik yang berada dipangkuaanya. Tampak tangan mereka yang telaten menggoreskan canting mengikuti pola batik yang ada di kain tersebut. Itulah para wanita yang sedang mengerjakan proses batik tulis. Para pria mengerjakan proses pewarnaan dan pencelupan kain batik. Selain itu, ada yang sedang melakukan proses pengecapan pola batik. Sepertinya terlihat mudah, namun proses pengecapan juga membutuhkan ketelitian. Terutama untuk ketebalan warna dan kesamaan pola. Disamping tempat proses pembuatan, ada ruangan yang khusus menyimpan alat cap pola batik. Terdapat puluhan alat cap datik dengan berbagai pola. Alat cap terbuat dari tembaga. Tembaga memiliki kualitas yang bagus dibanding bahan lainnya. Bahkan untuk membuat kedetailan disetiap polanya.

Proses Batik Tulis
Pengrajin Batik
Pengrajin Batik
Proses Pembuatan Batik

Proses Pembuatan Batik
Proses Pembuatan Batik
Proses Pembuatan Batik
Proses Pembuatan Batik Cap

Proses panjang untuk menghasilkan secarik kain batik tulis. Butuh 3-4 minggu untuk semua proses pembuatannya. Sebuah waktu yang tidak sebentar dan proses yang sangat panjang. Jadi penggemar batik akan paham kenapa secarik kain batik tulis harganya cukup mahal. Karena proses pembuatan yang lama dan kulitas yang lebih baik daripada jenis batik yang lainnya. Hal itu juga sebagai bentuk apresiasi terhadap sebuah karya seni, khususnya karya seni batik tulis.

20 comments:

  1. Replies
    1. yuk batik pesisir..warnanya lebih "wow"

      Delete
    2. Kalo bljar batik di kenakan cash brp ?

      Delete
  2. Membatik ternyata ngga mudah, dan pekalongan kekurangan tenaga pembatik..

    ReplyDelete
  3. Fotomu apik-apik, Rivai. Untung pak Eddy apikan ya kita diizinkan masuk ke workshop dan boleh ambil gambar plus interview sepuasnya. Jadi pingin ngulang masuk lagi nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa :D
      iyaa...kita dberi kebebasan utk explore tempat dan aktivitas di tempatnya...hiihiihii

      Delete
  4. Puas banget jadi tau banyak hal disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bro....blajar ttg proses batik..puas bgt

      Delete
  5. waaaaa sudah lama pengen liat pembuatan batik langsunggggg.... rivai ini keren lho.
    informatif banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di solo-jogja juga banyak. Di semarang juga ada, tapi aku belum cek langsung..hehehee
      Informasinya msih kurang, setiap prosesnya kurang dijelasin lagi...hehheeh

      makasih udah mampir :D

      Delete
  6. Mau ih,belajar batik pekalongan..ada yg tau open trip/paket wisata pekalongan sekaligus belajar bikin batik ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah denger open trip ke pekalongan. tapi pekalongan bisa diakses dengan kereta/ bus dari semarang. kalo mau belajar batik juga bisa di museum batik pekalongan. Dengan senang hati staff museum akan mengajari membatik.

      Terima Kasih sudah mampir :)

      Delete
  7. kereen mas.. oiya.. ijin copas satu dua fotonya yo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir mas Obie.
      Silakan di copas fotonya, tapi mohon dicantumkan sumbernya dan link ke blog ini :)

      Delete
  8. menyenangkan emag klo main ke tmpat2 pengrajin batik :D
    next time mampir ah ke kampung batik ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampung batik ditiap kota mungkin bisa dijadikan tujuan wisata mas alan :))

      Delete
  9. seruuu! pengen belajar bikin batik juga dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diagendakan mas Fahmi..mengunjungi kampung batik yang ada di tiap kota :))

      Delete
  10. Asikkk...
    Pekalongan memang sangat terkenal dengan batiknya

    ReplyDelete