WHAT'S NEW?
Loading...

Semarak Semarang Night Carnival 2015

"Mereka semua bersiap-siap untuk menjadi bagian dari karnaval malam ini dengan cara mereka masing-masing. Tak sedikitpun kehilangan antusias untuk memeriahkan acara Semarang Night Carnival 2015, meskipun gerimis masih mengguyur kawasan itu"

Hujan gerimis mulai mengguyur kawasan Titik Nol Km kota Semarang. Tepat di depan Kantor Pos Besar kota Semarang. Tempat dimulainya acara Semarang Night Carnival 2015. Puluhan lampion bergelantungan rapi didepan panggung. Warga kota datang berbondong-bondong untuk menonton acara ini. Para tamu undangan juga sudah duduk dibawah tenda yang sudah disiapkan oleh panitia. Para fotografer dan wartawan dari berbagai media telah menempati ruang-ruang yang menurut mereka menjadi tempat yang bagus untuk menghasilkan sebuah foto. Para peserta karnaval telah siap dengan kostum yang mereka pakai. Mereka semua bersiap-siap untuk menjadi bagian dari karnaval malam ini dengan cara mereka masing-masing. Tak sedikitpun kehilangan antusias untuk memeriahkan acara Semarang Night Carnival 2015, meskipun gerimis masih mengguyur kawasan itu.

Peserta Semarang Night Carnival 2015

Semarang Night Carnival (SNC) 2015 merupakan salah satu acara rutin yang digelar dalam rangka memperingati HUT kota Semarang. Pada tahun ini SNC diadakan pada hari Minggu, 3 Mei 2015 dan diikuti oleh 468 peserta. Sesuai dengan ulang tahun kota Semarang. Semua peserta karnaval tampil dengan kostum unik yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Kostum-kostum tersebut juga menggambarkan tema Semarang Night Carnival 2015 “Semarak Semarang 2015”. Peserta karnaval yang kebanyakan pelajar, mulai dari pelajar SD hingga SMA, ini dibagi dalam lima defile yang melambangkan lima karakter dari lima etnis yang ada di kota Semarang. Yaitu etnis Jawa, Arab, Belanda, Melayu, dan Tionghoa. Selain itu, karnaval juga dimeriahkan oleh marching band dari Akademi Kepolisian (Akpol), pertunjukkan barongsai dan marching band Batalyon Arhanudse 15 Semarang. Selain itu, ada rombongan peserta dari Solo yang secara khusus datang untuk memeriahkan acara karnaval. Rute karnaval tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu rute karnaval melewati jalan Pemuda- Pandanaran- Simpang Lima. Pada gelaran SNC 2015 rute yang dilewati adalah Titik Nol Km kota Semarang (depan Kantor Pos Besar kota Semarang) menuju Kantor Balaikota Semarang di jalan Pemuda.


Tim Marching Band Akademi Kepolisian (AKPOL)

Peserta Semarang Night Carnival 2015
Peserta Semarang Night Carnival 2015

Sekitar pukul 19:00 peserta sudah bersiap-siap untuk memulai karnaval. Acara karnaval dihadiri oleh Bapak Walikota Semarang dan Gubernur Jawa Tengah. Sambutan pertama dilakukan oleh Bapak Hendrar Prihadi selaku Walikota Semarang, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah. Sambutan ditutup dengan sebuah lagu yang berjudul “Rumah Kita” yang dinyanyikan oleh Bapak Walikota yang diikuti warga masyarakat yang hadir.

Peserta Semarang Night Carnival 2015
Peserta Semarang Night Carnival 2015
Kesenian Naga Doreng dari Yon Arhanudse 15

Tim marching band Akpol mengawali penampilan di malam itu. Mereka membawakan beberapa lagu. Salah satunya lagu “Locked Out of Heaven” yang dipopulerkan oleh Bruno Mars.  Kemudian rombongan defile mulai berjalan sesuai urutannya masing-masing. Ada lima defile, setiap defile diiringi lagu sesuai etnis yang ditampilkan.  Setiap defile diberikan kesempatan tampil beberapa menit didepan para tamu undangan. Dari ratusan peserta, ada putra Gubernur Ganjar Pranowo yang ikut dalam barisan defile etnis melayu. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan menuju kantor Balaikota. Selama perjalanan rombongan karnaval juga disambut oleh warga yang menunggu di sepanjang jalan Pemuda. Banyak warga yang memanfaatkannya untuk berfoto bersama para peserta karnaval. Penampilan terakhir ditutup dengan penampilan tim marching band dari Yon Arhanudse 15 Semarang. Setelah selesai, Bapak Walikota dan Bapak Gubernur Jateng beserta tamu kehormatan menyusul rombongan karnaval menuju Kantor Balaikota dengan menggunakan bus Semarjawi. Beliau naik bus atap terbuka tersebut sambil menyapa warga yang hadir di sepanjang Jalan Pemuda.

Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Semarang diatas bus Semarjawi

Di sepanjang jalan Pemuda terjadi kemacetan. Banyak warga yang sangat antusias untuk menonton dan berfoto bareng peserta karnaval. Para peserta karnaval menerima dengan senang hati ketika diajak berfoto. Akhirnya para peserta mulai memasuki kawasan Balaikota. Warga masih bisa memanfaatkan waktu untuk mengambil gambar peserta. Acara karnaval berjalan dengan lancar. Di halaman Balaikota sudah ada panggung hiburan. Ada pembagian hadiah untuk kostum karnaval terbaik. Acara panggung hiburan dimeriahkan dengan band lokal yang membawakan lagu-lagu rock. Para penonton menikmati hentakan musik rock dibawah gerimis yang masih mengguyur halaman Balaikota Semarang.


0 komentar:

Posting Komentar