WHAT'S NEW?
Loading...

Lisbon Dalam Potongan Postcard

Kalian pernah menerima kiriman postcard? Mungkin dari pacar, suami/istri, keluarga, sahabat, teman, idola, atau mungkin dari teman yang belum pernah ketemu sebelumnya. Pasti seneng banget khan kalo dapat kiriman postcard. Mungkin cuma selembar aja, tapi selembar postcard banyak mengandung cerita lho. Seperti yang aku alami bulan lalu. Aku mendapatkan kiriman postcard dari kak Nila Tanzil. Kak Nila Tanzil itu seorang Travel Blogger. Kebetulan pas itu kak Nila lagi ng-trip ke Lisbon, Portugal. Kak Nila kemudian mengadakan kuis yang hadiahnya sebuah postcard. Yang spesialnya lagi, postcard tersebut dikirim langsung dari Lisbon. Ga nyangka aku bakal mendapatkan postcard tersebut. Gara-gara postcard tersebut, aku mulai penasaran dengan kota Lisbon. Taunya lisbon yaa klub sepak bolanya, Sporting Lisbon. Klub pertamanya sang Bintang Sepak Bola, Christiano Ronaldo. Yang sekarang jadi klubnya Martunis, pemuda Aceh yang selamat dari bencana gelombang Tsunami pada tahun 2004. Yuk aah, kita tengok sedikit tentang Lisbon.


Postcard dari Kak Nila Tanzil

Lisbon atau Lisboa, merupakan ibukota negara Portugal. Lisbon terletak di tepi sungai Tagus. Bisa dibilang Lisbon merupakan salah satu kota tua yang memiliki banyak sejarah yang ada di Eropa. Menurut sejarah, kota Lisbon sudah ada sejak 2000 tahun sebelum Masehi. Kota ini pertama kali didirikan oleh bangsa Iberia. Seperti kota tua lainnya, Lisbon memiliki ciri khas tersendiri untuk dijelajahi. Kota ini memiliki daya tarik untuk ditelusuri tempat wisatanya. Banyak gedung tua yang bisa kita temukan di kota ini. Kota Lisbon memiliki jalanan yang sempit dan berliku. Namun, Lisbon merupakan kota yang cantik dan bersih. Rumah-rumahnya lucu dan berwarna-warni. Yang unik dari kota ini adalah Tram-nya. Tram di kota Lisbon terlihat sangat vintage, sehingga memberikan kesan seperti hidup di jaman dulu.

Castle St. Jorge (sumber: www.ruralbritaintours.com)

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika mengunjungi Lisbon adalah Castle St. Jorge.  Castel St. Jorge merupakan benteng tua yang memiliki titik tertinggi di kota Lisbon. Dari benteng ini terlihat pemandangan kota Lisbon dan sungai Tagus. Castle St. Jorge dulunya berperan sebagai benteng bagi semua orang yang menghuni Lisbon. Dalam sebuah ruangan, terdapat pusat informasi untuk mereka yang tertarik untuk belajar tentang sejarah kota Lisbon. Di Castle St. Jorge juga terdapat sebuah taman dengan patung Raja Alfonso Henriques. Disana juga terdapat sebuah restoran mewah, yang sering digunakan untuk sebuah acara. Perjalanan menuju Castel St. Jorge agak sulit, sehingga diperlukan perencanaan waktu ketika mengunjungi benteng ini. Ketika berkunjung ke Lisbon, sebaiknya jangan lupa untuk datang ke Castle St. Jorge.

Pemandangan Alfama (http://traveltherapytours.com/holiday/lisbon-walking-tour-alfama-old-town/)

Tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Lisbon adalah Alfama. Alfama merupakan kota tua Islam yang ada di Lisbon. Alfama memiliki untaian kisah sejarah yang dalam. Bangsa Portugis dan Spanyol pernah dikuasai orang-orang muslim Moor pada abad-12. Alfama menjadi pusat kehidupan orang Moor pada masa itu. Nama Alfama berasal dari bahasa Arab Al-Hamma, yang berarti tempat pemandian. Alfama memiliki kesan khusus dengan jalanan yang sempit dan berliku. Banyak bangunan modern dibangun di kota Alfama, namun kesan kota tua masih tetap ada. Gaya arsitektur bangunan sangat dipengaruhi oleh budaya Romawi, Muslim, dan Arab.

Tram di Lisbon (https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Tram_Lisbon_1.jpg)

Setelah lelah berkeliling Lisbon, jangan lupa sempatkan diri untuk cicipi kuliner setempat. Ketika di Lisbon kita bisa cicipi kue egg tart atau pasties de nata. Kalo di Indonesia kue tersebut dikenal dengan kue Lumpur atau Pastel Natal. Kue ini sangat terkenal di Lisbon, namun juga bisa dijumpai di Indonesia. Penyebaran makanan ini bisa disebabkan oleh pelaut atau pedagang bangsa Portugis yang berlayar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebelum mencicipi kue aslinya di Lisbon, Portugal, ga ada salahnya kita cicipi dulu versi Indonesia-nya.

Pasties de Nata (http://www.foodandtravelfun.com/food-from-the-world-pastel-de-nata/)

Udah dulu aah cerita tentang Lisbon-nya. Artikel ini diolah dari beberapa sumber. Bukan cerita pengalamanku sendiri. Aku hanya mencari tahu tentang kota Lisbon. Semua tentang kota Lisbon. Makasih Kaka Nila untuk postcard-nya, semoga suatu hari nanti bisa ke Lisbon.
Lisbon, 10 Agustus 2015
Hai Rivai, Salam kenal yaa!!
Lisbon kotanya cantik dan bersih. Rumah-rumahnya lucu, warna-warni gitu. Yang unik adalah Tram-nya, Vintage!!! Asli kayak hidup di jaman dulu. Gedung-gedungnya juga tua. Aku suka. Kalo kamu kesin, musti dateng ke Castle St. Jorge dan muter-muter di daerah Alfama. Menyenangkan areanya. Oyaa, orang-orang disini juga ramah dan kalo naik public transport gak bakalan disasarin
Salam,
Nila Tanzil

Sumber:
http://www.ruralbritaintours.com/tour_portugal_it.htm
http://anakflores.blogspot.co.id/2012/04/jalan-jalan-ke-lisbon-portugal-bagian-1.html

0 komentar:

Posting Komentar