WHAT'S NEW?
Loading...

TripHore 7: Ada Batik di Basecamp Mawar

Selamat Hari Batik Nasional…!!!
Seperti yang kita ketahui, setiap tanggal 2 Oktober kita selalu memperingati Hari Batik Nasional. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Setiap tanggal 2 Oktober, pemerintah menganjurkan kepada setiap elemen masyarakat, mulai dari pejabat, PNS, karyawan, hingga anak sekolah untuk mengenakan pakaian batik. Berdasarkan anjuran tersebut,  teman-teman Backpacker Semarang menggunakan batik sebagai tema acara mereka.

Selamat Hari Batik Nasional

TripHore sudah menjadi agenda tiap tahun Backpacker Semarang. Tahun ini TripHore sudah memasuki periode ke-7. Acaranya berupa kemping ceria yang diisi dengan berbagai games. Tujuan utamanya untuk mengakrabkan antar anggota Backpacker Semarang. TripHore 7 diadakan di camping ground Basecamp Mawar, Gunung Ungaran pada tanggal 1-2 Oktober 2016. Karena bertepatan dengan tanggal 2 Oktober yang merupakan Hari Batik Nasional, panitia mengusung tema Kemping Asyik, Nuansa Batik pada TripHore 7.

Semua Pakai Batik khan

TripHore 7 diikuti oleh sekitar 60 orang peserta. Peserta berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari yang masih sekolah (SMA & SMK), kuliah, kerja, hingga mereka yang sudah berkeluarga. Bahkan mereka juga mengajak anak mereka untuk kemping bersama. Selain itu, peserta tidak hanya berasal dari kota Semarang dan sekitarnya, namun juga ada peserta yang berasal dari Bandung, Malang, dan Jakarta. Peserta TripHore kali ini memang luar biasa. *acungi jempol*

Peserta dan panitia mengenakan baju atau aksesoris batik. Mereka berkumpul dan dikelilingi oleh tingginya pohon pinus dan tenda-tenda yang berwarna-warni. Semua tampak ceria dalam balutan berbagai corak batik. Kabut pagi pun tak mampu menutupi aneka corak batik ini. Ini baru namanya Kemping Asyik, Nuansa Batik.

Aku yang pakai baju lurik yaa :))

Semuanya bersiap-siap untuk berfoto bersama sebagai momen merayakan Hari Batik Nasional. Acara selanjutnya berupa games untuk semua peserta. Panitia memberikan games secara berkelompok. Kelompok sudah dibagi pada hari sebelumnya. Games pertama adalah berburu bendera.

Setiap kelompok diberi tugas untuk mencari bendera dengan warna yang sesuai dengan kertas petunjuk yang dibagikan. Bendera diletakkan di sekitar area kemping. Bendera-bendera tersebut berisi potongan kata yang nantinya harus dirangkai dengan potongan-potongan kata yang terdapat di bendera lainnya untuk membentuk dua kata yang  berarti jawaban dari petunjuk tersebut.

Mencari jawaban sesuai petunjuk

Games berlangsung sangat seru. Setiap kelompok bersemangat untuk mencari bendera di setiap sudut area kemping. Mulai dari sekitar tenda, di bawah pohon, hingga di sekitar rerumputan. Mereka mencari dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia. Jawaban dari petunjuk tersebut masih berhubungan dengan destinasi tempat wisata. Hampir semua peserta bisa menyelesaikan games ini.

Pemenang Games Berburu Bendera

Games selanjutnya adalah memasukkan pensil ke dalam botol secara berkelompok. Pasti udah kebayang gamesnya kayak gimana. Tapi ini beda, peserta diminta untuk menutup mata. Mereka akan diarahkan oleh salah satu teman kelompoknya. Sepertinya gampang, tapi ternyata ga segampang yang dipikirin. Tapi yaa tetep ada pemenangnya kok. Inti permainan ini adalah kekompakan dan kepercayaan. Iyaa, Kepercayaan…!!!

Games memasukkan pensil ke dalam botol
Pemenang lomba memasukkan pensil dalam botol *tetap fokus yaa*

Kedua games telah selesai dilaksanakan. Saatnya pembagian hadiah kepada pemenang. *yeeaay, padahal ga dapat hadiah*. Mereka mendapatkan berbagai hadiah menarik. Oyaa, hadiah-hadiah ini merupakan swadaya dari panitia lho. Kebetulan aku ikut menyumbang postcard. Postcard-nya aku desain sendiri dan foto-fotonya berasal koleksi fotoku ketika nge-trip. Kalo mau postcard, bisa hubungi aku yaa. *iklan dulu yaa*

TripHore 7, Aku Kemping Mergo Koe, Dek

Acara udah kelar, namun semuanya masih enggan beranjak dari area kemping. Masih ingin merasakan serunya acara TripHore 7. Kita pun tak lupa untuk ber-wefie ria. Saling bertukar ID dan mengenal lebih dekat antar peserta. Semuanya meluapkan kegembiraan dan keceriaan. Kita sebagai panitia sangat senang karena acara TripHore 7 berjalan lancar dan seru. Semua peserta sangat antusias dan mendapatkan pengalaman yang berkesan. Mereka berharap bisa bergabung diacara Backpacker Semarang selanjutnya. Peserta puas, apalagi panitia. Sangat Puas..!!!

Sampai Jumpa Diacara Selanjutnya

Sampai Jumpa diacara selanjutnya
Salam Ransel..!!!


14 komentar: Leave Your Comments

  1. Acaranya seru banget ini. Di Jogja pas hari batik banyak teman yang sepedaan pakai badti. Wah itu ada mbak dosen (mbak dhev) sama soulmatenya, mbak Mia :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti seru naik sepeda dg berbagai macam corak batik :D
      mereka berdua yang ngurusi acaranya...hahahha

      Hapus
  2. wah unik juga batikan di gunung. hehehe

    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  3. Aku lagi cari kancut motif batik tapi blm nemu nich ihik ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. jahit sendiri om cum dengan bahan yg nyaman dan berbagai corak..mulai dari corak parang,jlamprang, hingga megamendung :D

      Hapus
  4. Ternyata nggak jauh dari Umbul Sidomukti ya..
    Pengen banget bisa ikutan kayak gini, tapi kayaknya nunggu anak2ku gede aja deh, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemping sendiri juga seru mbak ika. Perlengkapan kemping jga sdah banyak yang jual :D

      Hapus
  5. ku kira ada orang jual batik di base camp mawar :( wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada yg buka lapak batik di basecamp mawar. baru lapak makanan aja :D

      Hapus
  6. kak cara gabung di Backpacker Semarang gimana ya?

    BalasHapus