WHAT'S NEW?
Loading...

Kalender Event Wisata Jawa Tengah 2017

Halo bro, tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2016. Tahun 2017 sudah di depan mata. Terima kasih banyak bagi kalian yang selalu berkunjung di blog ini selama satu tahun ini. Kunjungan kalian itu membuatku lebih semangat untuk berkarya. Banyak tempat, cerita dan kenangan yang didokumentasikan dalam satu tahun ini. Namun, artikel kali ini tidak akan bercerita tentang perjalananku. Kali ini aku bakal berbagi sebuah informasi penting bagi kalian. Khususnya bagi kalian yang akan berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah.

Visit Jawa Tengah

Informasi yang akan aku bagikan adalah informasi tentang event-event yang akan digelar di kota dan kabupaten Jawa Tengah pada tahun 2017. Masing-masing event sudah memiliki jadwal dan didokumentasikan dalam bentuk e-book Calender Event Jawa Tengah 2017 yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Tengah. Event dari bulan Januari 2017 hingga bulan Desember 2017. Mulai dari event standard internasional seperti Borobudur Marathon, Dieng Culture Festival, dan Hari Raya Waisak, hingga event lokal, seperti sedekah bumi yang diadakan di beberapa daerah.
Pada tahun 2017, Borobudur Marathon akan diadakan pada tanggal 26 November 2017 di kawasan Candi Borobudur. Borobudur Marathon bertujuan untuk menggairahkan sport tourism. Rute lari Borobudur Marathon yaitu mengelilingi desa-desa yang ada di sekitar kawasan Candi Borobudur. Peserta tidak hanya pelari dalam negeri, namun juga pelari mancanegara. Borobudur Marathon 2016 diikuti oleh lebih dari 20.000 pelari. Ada lima kategori yang diperlombakan di Borobudur Marathon 2016, yaitu ultra marathon (120Km), full marathon (42 Km), half marathon (21 Km), 10 Km, dan 3 Km. Borobudur Marathon 2016 dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Bapak Imam Nahrawi.

Borobudur Marathon 2016 (sumber: Merdeka.com)

Event lain yang menjadi andalan Jawa Tengah untuk menarik minat wisatawan adalah Dieng Culture Festival. Dieng Culture Festival 2017 akan diadakan pada bulan Agustus. Belum ada pemberitahuan untuk tanggal pelaksanaannya. Dieng Culture Festival 2016 dikunjungi oleh hampir 100.000 wisatawan. Baik wisatawan dalam negeri, maupun wisatawan luar negeri. Acara Dieng Culture Festival 2016 dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo. Dieng Culture Festival merupakan acara yang diadakan di dataran tinggi Dieng dengan acara inti pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Pusat pemotongan rambut gimbal diadakan di pelataran Candi Arjuno. Selain itu, acara juga akan dimeriakan dengan acara jazz di atas awan, pentas kesenian, berburu sunrise, pesta lampion dan pesta kembang api.
Baca juga: Menikmati Kabut di Candi Cetho

Dieng Culture Festival (sumber: hipwee.com)

Selain event Borobudur Marathon, kawasan Candi Borobudur juga menjadi pusat perayaan Hari Raya Waisak secara nasional. Pada tahun 2017, Hari Raya Waisak jatuh pada tanggal 11 Mei 2017. Hari Raya Waisak merupakan hari raya umat Buddha untuk memperingati hari lahir Sang Buddha, Sidharta Gautama. Prosesi Hari Raya Waisak dilaksanakan di Candi Mendut dan Candi Borobudur dan diikuti oleh biksu dan umat Buddha dari berbagai negara. Puncak perayaan Hari Waisak adalah ritual pradaksina, yaitu berjalan mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali. Event Hari Raya Waisak ditutup dengan pelepasan lampion. Hari Raya Waisak merupakan acara keagamaan. Oleh sebab itu, pengunjung atau wisatawan sangat dibatasi jumlahnya. Pengunjung harus menjaga ketenangan, ketertiban, memakai pakaian yang sopan, dan menghormati umat Buddha yang sedang melakukan ibadah.

Acara Borobudur Marathon, Dieng Culture Festival, dan Hari Raya Waisak menjadi event andalan untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah. Selain event-event tersebut, ada beberapa event di Jawa Tengah yang sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja. Beberapa event tersebut adalah Festival Perahu Naga (Cilacap, 26 Maret 2017), Grebeg Gethuk (Magelang, 9 April 2017), Semarang Night Carnival ( 6 Mei 2017), Loenpia Jazz (Semarang, 27 Mei 2017), Pemotongan Lopis Raksasa (kota Pekalongan, 2 Juli 2017), Borobudur International Festival (Candi Borobudur, 28-30 Juli 2017), Solo Batik Carnival (Solo, Juli 2017), Festival Payung Indonesia (Solo, 15-17 September 2017), Festival Kota Lama (Semarang, 24 September 2017), Sail Karimunjawa (September 2017), Blora Fashion Carnival (Blora, 2 Oktober 2017), Pekan Batik International (Kota Pekalongan, Oktober 2017), Festival Barong Nusantara (Kab. Blora, November 2017) dan Grebeg Maulud (Solo, 1 Desember 2017).
Baca juga: Semarang Night Carnival 2016: Fantasi Warak Ngendog

Semarang Night Carnival 2016

Masih banyak lagi event yang bakal digelar oleh kota dan kabupaten yang ada di Jawa Tengah. event-event ini bertujuan untuk mengenalkan potensi-potensi wisata yang ada di kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Tentu saja event-event ini juga bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat Jawa Tengah. Jadi tunggu apalagi. Ayo kita kunjungi Jawa Tengah.
Kalender event Jawa Tengah 2017 bisa diunduh disini atau di link ini

Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah
Alamat : Jalan Pemuda No 175, Kota Semarang
No Telp. : (024) 3584081
Website : www.central-java-tourism.com
Instagram : @visitjawatengah
Facebook : Visit Jawa Tengah


40 komentar: Leave Your Comments

  1. Semoga DinPar ajak-ajak kita kalo ada event..aha

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yaa mbak ika...jalan-jalan sambil promosi wisata :D

      Hapus
  2. Laris mas, ajak ajak dong nek ada job dari dinas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas donsuke lah yang srg dapat job dari dinas

      Hapus
  3. wah noted nih siapa tau taun 2017 bisa menjelajah ke Jawa tengah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas Budy...visit jawa tengah :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. ayoo po...agendakan liburan...hehhhee

      Hapus
  5. wuuuuh ada sail karimun jawa :o
    menarik ini jawa tengah mengadakan event akbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. event di jawa tengah banyak...hampir tiap bulan ada..Tapi kurang terekspos..mungkin kurang promosi :D

      Hapus
  6. Keren deh pemda Jateng.
    Kalau event diadakan secara kontinu tiap tahun pasti meningkatkan wisman dan wisatawan lokal asal tepat sasaran.
    Saya suka jogging. Kalo saya deket dari Jateng saya ikut tuh Borobudur maraton, :)

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir tiap bulan ada event wisata. tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengenalkan potensi wisata yang ada di daerah tersebut.
      Masih ada sekitar 11 bulan untuk menyiapkan diri ikut Borobudur Marathon :D

      Salam :)

      Hapus
  7. penasaran ama borobudur marathon

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun depan masih bisa ikutan...ada beberapa kategori perlombaan lari :D

      Hapus
  8. Wah keren sekali ini kak. Dieng culture fest ini harus direlaisasikan utk tahun 2017 semenjak tahun-tahun kemarin saya selalu gagal utk datanmg. :D

    BalasHapus
  9. Ga nyangka dieng ada festival lampion seru gitu, ah jadi teringat pernah ke sana tapi nda sampai puncaknya karena terjebak macet di tanjakan, akhirnya balik lagi dan cuma beli oleh2 carica

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa gitulah resikonya nonton festival. Pasti selalu dipenuhi dengan pengunjung. jadi kurang maksimal untuk menikmatin acaranya :D

      Hapus
  10. Keren-keren eventnya mas.
    Semoga terus berkelanjutan. Amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. event yang di kalender rutin diadakan tiap tahun mas

      Hapus
  11. Waah menariik semuaa event"nyaa. . Bisa dicatat nih, kalau luang langsung cuss. . Hehehe

    BalasHapus
  12. Waah menariik semuaa event"nyaa. . Bisa dicatat nih, kalau luang langsung cuss. . Hehehe

    BalasHapus
  13. Pengen deh sekali kali di ajak dinas pariwisata halan halan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu aku juga mau mas zaenal :D

      Hapus
  14. Wah asik banget ada kalender wisatanya.. Jadi nambah pengetahuan tentang event di Jateng sekaligus bisa ngerencanain cuti dari jauh hari.. :D

    BalasHapus
  15. mau ikut event di dieng itu kak... udah kelewat mulu sampe 2 tahun

    BalasHapus
  16. Duch gw tuch pengenbanget liat pesta lampion di borobudur atau dieng juga boleh, semoga ada rejeki tahun ini untuk kesana. Eh pesta lampion di phuket juga ngak papa kayak beberapa tahun lalu #lebihJauh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok om....pokoknya aku diajak yaa :D

      Hapus
  17. gokiiiil laah jawa tengah , itu lampionnya romantis banget kalo bawa pacar wkwkwk . bagus mass artikelnya. ditunggu postingan selanjutnya.
    mampir jg ya kesini Pariwisata siapa tau butuh info tmpt wisata lg. makasih

    BalasHapus
  18. Wah, lengkap ya festival2nya di Jawa Tengah, keren keren..!
    dan sepertinya branding Jateng Gayeng ini cukup sukses yaa... maju terus lah untuk pariwisata Indonesia! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas choky, hampir tiap daerah berlomba-lomba mengadakan festival sesuai keunikan daerah mereka

      Hapus
  19. Catet dulu ah siapa tahu ada kesempatan ke Dieng Culture Festival ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok ke dieng...tiap tahun selalu ramai dengan pengunjung

      Hapus
  20. wah ... pingin main ke jawa tengah ni ... kayaknya asyik carnaval nya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. carnaval di Jateng banyak dan memiliki tema-tema yang unik

      Hapus
  21. Karnaval seni budaya lintas agama dan pawai ogoh - ogoh di semarang tahun ini di adakan tanggal berapa ya? yang diselenggarakan oleh PHDI..makasih..

    BalasHapus