Thursday, March 22, 2018

Mudik Asyik Naik Kereta Api

Sudah menjadi tradisi  jika setiap menjelang lebaran banyak masyarakat Indonesia melakukan tradisi mudik. Bisa disebut tradisi karena hal itu telah berlangsung sejak puluhan tahun silam. Oya, sebutan mudik berasal dari kata bahasa Jawa, yaitu mulih diluk yang berarti "pulang sebentar". Dahulu mudik hanya dilakukan pada momen liburan panjang. Namun, saat ini tradisi mudik sudah identik dengan lebaran.

Kabupaten Pandeglang

Seiring berjalannya waktu, mudik telah menjadi agenda rutin tiap tahun. Bahkan mudik dipersiapkan jauh-jauh hari oleh seseorang. Perjalanan panjang pulang ke kampung halaman selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu. Berkumpul dengan keluarga besar selalu menjadi agenda yang tak tergantikan di hari lebaran. Namun, banyak yang mesti dipersiapkan ketika akan melakukan perjalanan mudik. Salah satunya adalah alat transportasi.

Alat transportasi menjadi hal yang sangat penting ketika mudik. Seperti kendaraan pribadi, bus, pesawat, kapal, dan kereta api. Aku selalu menggunakan kereta api karena harga tiket yang terjangkau. Selain itu, kereta api juga memiliki fasilitas dan pelayanan yang bagus, dan bebas macet kecuali ketika ada kecelakaan atau bencana alam. Ini beberapa tips dari aku untuk kalian yang akan mudik menggunakan kereta api.

Pastikan Memiliki Kampung Halaman
Jangan merencanankan agenda mudik jika kalian tidak punya kampung halaman untuk dikunjungi. Kampung halaman tidak hanya tempat atau kota dimana kalian dilahirkan dan dibesarkan. Bisa saja kalian memilih kota kelahiran ayahmu, ibumu, tempat keluarga tinggalmu tinggal, atau mungkin tempat pasanganmu sebagai tempat pulang kampung. Kalau benar-benar tidak memiliki kampung halaman untuk mudik, kalian juga bisa memanfaatkan momen lebaran untuk berwisata.

Walaupun aku lahir dan besar di Semarang, aku masih punya tempat mudik, yaitu kampung halaman ibuku di Kabupaten Pandeglang. Kalau bapakku asli Kota Semarang. Sekali lagi, pastikan dulu kalian memiliki kampung halaman atau tempat yang akan kalian kunjungi.
Baca Juga: Cerita Mudik: Pesan Dalam Sebuah Perjalanan

Stasiun Semarang Tawang

Waktu Perjalanan Mudik
Sebelum mudik, pastikan dahulu kalian akan pergi berapa lama selama mudik. Ini sangat penting untuk memperkirakan di tanggal berapa kalian akan berangkat dan pulang. Lamanya perjalanan juga mempengaruhi besarnya budget yang akan dikeluarkan selama perjalanan mudik. Tidak ada salahnya untuk menambah waktu libur lebaran dengan mengajukan cuti. Yang terpenting, sediakan waktu untuk berkumpul bareng keluarga besar.

Stasiun Rangkasbitung

Beli Tiket Kereta Api
Setelah memutuskan untuk mudik menggunakan kereta api, kalian mesti membeli tiket kereta api sesuai dengan tanggal yang kalian inginkan. Sekarang tiket kereta api bisa dipesan minimal H-90 hari sebelum keberangkatan. Seiring berkembangnya teknologi, pemesanan tiket kereta api sangat mudah dan cepat. Pihak kereta api dan pihak swasta telah menyediakan aplikasi pemesanan tiket kereta api yang aman dan cepat. Salah satunya adalah Tokopedia yang menyediakan menu pembelian tiket kereta api. Tokopedia juga menyediakan promo tiket mudik.

Beberapa hari yang lalu aku mengecek tiket mudik 2018 di Tokopedia. Berharap bisa mendapatkan penawaran harga yang bersahabat dengan kantong. Untuk mudik ke Kabupaten Pandeglang, aku harus membeli tiket kereta api dari jurusan Semarang ke Jakarta. Aku tinggal memasukkan kota keberangkatan yaitu Semarang dan kota Jakarta sebagai kota tujuan. Di menu tersedia beberapa pilihan untuk pergi dan pulang (PP). Selanjutnya akan muncul pilihan nama kereta yang akan membawaku ke Jakarta. Tinggal aku sesuaikan dengan tanggal dan waktu keberangkatan saja.
Baca Juga: Cerita Mudik: Berkeliling Desa Dengan Sepeda Onthel

Menu Tiket Kereta api di tokopedia.com

Barang Yang Dibawa
Walaupun dalam perjalanan mudik, sebaiknya barang yang dibawa disesuaikan dengan acara dan lamanya perjalanan. Jangan sampai terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam membawa barang bawaan. Beberapa barang yang biasanya aku bawa ketika mudik atau jalan-jalan antara lain adalah kamera, alat komunikasi, dan pakaian ganti. Baik pakaian ketika aktivitas, maupun pakaian tidur. Termasuk celana panjang tidur pria.

Aku lebih suka menggunakan tas punggung ketika perjalanan mudik. Tas punggung membuatku lebih leluasa dalam bergerak. Terlihat lebih ringkas ketimbang membawa koper. Ketika terjadi antrean, tas punggung lebih mudah dibawa dan tidak menghabiskan banyak tempat.

Stasiun Semarang Poncol

Jangan Datang Terlambat
Aku pernah tiba di stasiun pada waktu 5 menit sebelum kereta berangkat. Aku sangat tergesa-gesa ketika itu. Apalagi belum mencetak boarding pass. Meskipun begitu, aku tidak ketinggalan kereta. Sebaiknya kalian sudah tiba di stasiun maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. Sekarang boarding pass juga tidak perlu dicetak dalam bentuk kertas. Tinggal menunjukkan kartu identitas dan barcode yang dikirim oleh pihak KAI.
Baca Juga: Walking Tour: Menyusuri Kampung Kauman

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan ketika akan mudik menggunakan kereta api. Tidak perlu panik, mudik menggunakan kereta api itu sangat mengasyikan dan menyenangkan. Selamat bermudik ria.

6 comments:

  1. Kalo nggak punya kampung halaman sendiri, boleh pinjem punya temennya kan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, asal temannya juga mau meminjamkannya :D

      Delete
  2. Udah ngomongin mudik aja, padahal kan masih lama. Hehe
    Tapi katanya klo di jawa sih gitu, beli tiketnya jauh2 hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas, kalo mudik dari jakarta ke daerah itu tiket kereta rawan kehabisan :D

      Delete
  3. Memang kereta api menurut saya paling nyaman dan tepat waktu, jika tidak ada yang super darurat, paling hanya meleset 5-10 menit. Jarang sekali ada delay yang berlebihan wallaupun pada beberapa kasus pernah menemukan namun kecil sekali rasionya.
    Semoga jalur operasionalnya ditambah, biar bisa kemana-mana dengan aman dan nyaman. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini masih suka naik kereta mas daripada angkutan lainnya. Pernah kena delay pas naik kereta api sekitar 2 jam..hehehehe

      Delete