Senin, 28 Mei 2018

Tempat Wisata di Solo Dan Sekitarnya Yang Sedang Ngehits

Liburan di Solo memang identik dengan wisata sejarah, wisata belanja batik, dan wisata kuliner yang tersebar di berbagai sudut kota. Untuk wisata sejarah kita bisa berkunjung ke Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran.  Kemudian perjalanan berburu batik bisa kita lakukan di Kampung Laweyan dan Pasar Klewer. Di Kampung Laweyan kita bisa melihat dan belajar cara pembuatan batik.

Curug Grojogan Sewu (sumber: trover.com/u/gyen09) 

Setelah kita belajar sejarah dan belanja batik, kita bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di Kota Solo, mulai dari srabi notosuman, selat Solo, soto gading, tengkleng, sate buntel, cambuk rambak, sate kere, hingga nasi liwet Solo. Beberapa tempat kuliner buka hingga tengah malam. Tapi sebenarnya Solo juga memiliki banyak tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Selat Solo 

Selain wisata sejarah, wisata belanja batik, dan wisata kuliner, Solo juga memiliki wisata alam yang tidak kalah cantik dari kota-kota lainnya di Indonesia. Pilihannya memang tak terlalu banyak, namun semuanya layak untuk masuk daftar tempat liburan kamu ke Solo nantinya.

Untuk kamu penyuka suara gemuruh air,  air terjun Gerojogan Sewu adalah salah satu tempat wisata di Solo legendaris yang wajib kamu datangi. Sejak puluhan tahun silam, Gerojogan Sewu sudah ramai dikunjungi wisatawan. Baik dari kota Solo sendiri, maupun para turis dari luar kota, bahkan luar negeri. Tak heran traveloka.com juga merekomendasikan air terjun ini bagi wisatawan yang mencintai suasana alam. Air terjun yang terletak di Tawangmangu, Karanganyar ini memang cantik. Meski lokasinya tak tepat di wilayah Solo, namun karena jaraknya yang dekat, maka selalu jadi tujuan wisatawan yang liburan ke kota ini.

Wisata ke kawasan pegunungan dengan udara sejuk yang menyegarkan pastinya disukai oleh siapa saja. Ada Gunung Sepikul yang terletak di wilayah Sukoharjo. Dinamakan Gunung Sepikul karena dari kejauhan, dua batu besar yang ada di kawasan ini tampak seperti pikulan (alat angkut yang berbentuk seperti timbangan).

Gunung Sepikul (sumber: Rizki Fandy Pratama/wikipedia.org)

Pemandangan utama dari Gunung Sepikul adalah matahari terbit alias sunrise yang amat cantik. Karena itu, sangat disarankan untuk berangkat ke sana sebelum subuh, agar bisa melihat pemandangan luar biasa indah ketika matahari mulai menampakkan dirinya di ufuk timur.

Kemudian kita bisa bertolak ke Wonogiri, tepatnya di daerah Sendang ada Puncak Joglo yang dikenal juga dengan nama Puncak Gantole. Pemandangan yang menghampar di hadapan bukit ini adalah Waduk Gajah Mungkur yang menjadi sumber perairan di Kota Solo, dengan udara sejuk yang memikat.

Olahraga gantole

Dinamakan Puncak Gantole karena kawasan ini menjadi tempat landasan pacu untuk olahraga gantole. Tapi karena pemandangan dari landasan pacunya sangat cantik, membuat Puncak Gantole tidak hanya ramai oleh para atlet, tapi juga jadi jujugan wisatawan yang sedang liburan di Solo dan sekitarnya.

Air terjun lain yang kerap dikunjungi adalah  Air Terjun Jumog. Sejuknya udara di sekitar air terjun ini membuat banyak wisatawan seolah merasa bahwa tempat ini adalah sebuah surga yang selama ini tak menampakkan dirinya. Berada di Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Air Terjun Jumog pastinya memanjakan mata.

Air Terjun Jumog (sumber:Ami Rosemarwati/wisataberjo.com)

Pemandangan alam di sekitar kawasan air terjun yang indah, penuh dengan pepohonan nan menghijau. Sementara air yang terjun dari puncak tebingnya amat jernih, yang kemudian mengalir ke sungai penuh bebatuan di sekitar kawasan wisata alam di Solo ini.

Tidak jauh dari Air Terjun Jumog, ada air terjun lain yang tidak kalah cantiknya, yaitu Air Terjun Parang Ijo. Lokasi air terjun ini berada di kawasan Gunung Lawu, dengan ketinggian sekitar 60 meter dan memiliki air yang sangat jernih. Udara sejuk langsung menyeruak begitu kamu memasuki kawasan wisata yang berada di Karanganyar ini. Di sisi kanan dan kiri air terjun terdapat pepohonan dan tumbuhan yang menghijau, membuat pemandangannya tampak segar.

Kebun Teh Kemuning

Ketika berada di kabupaten Karanganyar, kita juga bisa berkunjung ke Candi Sukuh dan Candi Cetho. Kedua candi tersebut memiliki corak budaya agama Hindu. Di Candi Cetho kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari kawasan candi. Dalam perjalanan menuju Candi Cetho, kita bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke kebun teh Kemuning. Terdapat beberapa kedai the yang bisa kita singgahi dalam perjalanan. Salah satunya adalah Kedai teh Ndoro Donker. Tentu saja hal itu sangat menyenangkan karena kita bisa menyeduh teh sambal menikmati pemandangan hamparan kebun teh.

Solo dan sekitarnya memang memesona. Jadi, kapan kamu liburan ke sini?

4 komentar:

  1. Woow .. lihat tampilan gunung Sepikul diselimuti kabut seperti itu kayak gunung di film-film silat mandarin, ya ...

    Keren banget.

    BalasHapus
  2. ciamik sekali Curug Grojogan Sewu. aku lihat sekilas mirip sama air terjun Bissapu Bantaeng waktu ke Makassar.

    Makasih sharingnya mas, semoga aku cepet nyusul jalan-jalan ke Solo :D

    BalasHapus
  3. Yg saya ingat dari Solo adalah serabi..

    Karena hanya itu yg sempat saya cicipi waktu berkunjung kesana..

    :))

    BalasHapus
  4. Kebun Teh Kemuning nya bikin adem, apalagi dengan kabut-kabut gitu tambah syahdu

    BalasHapus