Menginap di Hello Guest House Bukittinggi

Perjalananku menuju Kota Bukittinggi menjadi molor karena kejadian tasku yang terbawa bus hingga ke Kota Pariaman. Rencana awal aku berangkat pukul 09:00 dari Kota Padang. Karena kejadian itu, aku baru berangkat ke Bukittinggi pukul 12:00. Perjalanan dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Ada beberapa angkutan yang bisa digunakan dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi. Aku memilih naik mobil travel karena aku ingin lebih bersantai setelah perjalanan menggunaka bus dari Kota Bengkulu menuju Kota Padang selama 15 jam.

Hello Guest House

Pukul 14:45, aku tiba di Kota Bukittinggi. Aku sengaja turun di sekitar Jam Gadang agar bisa menikmati suasana Jam Gadang. Jam Gadang sedang direnovasi sehingga aku tidak bisa melihatnya lebih dekat. Bukittinggi menjadi salah satu kota wisata yang ada di provinsi Sumatera Barat yang terletak di jalur lintas Padang-Pekanbaru. Sehingga banyak hotel dan penginapan murah yang tersebar di berbagai sudut kota. Aku memanfaatkan aplikasi peta di smartphone-ku untuk mencari penginapan yang letaknya strategis. Akhirnya aku menemukan penginapan Hello Guest House yang letaknya tidak jauh dari Jam Gadang.



A post shared by Rivai Hidayat (@rivaihidayat) on

Setibanya aku di penginapan langsung disambut oleh seorang perempuan muda yang ada di belakang meja resepsionis. Namanya Cik Ling. Cik Ling ini merupakan pemilik dan pengelola Hello Guest House. Dia menawarkan beberapa kamar yang tersedia di penginapan. Mulai dari kamar standard room, single room, family room, hingga dormintory. Akhirnya aku memilih kamar dormintory dengan model ranjang kapsul dengan harga Rp 130.000/malam. Aku memesan untuk waktu dua malam. Kata Cik Ling, Hello Guest House penginapan pertama di Pulau Sumatera yang menggunakan kapsul.
Baca Juga: Menikmati Sunrise di Posong

Kamar
Dalam satu ruangan terdiri dari empat ranjang model kapsul dengan bentuk bertingkat. Cik Ling akan memberikan petunjuk penggunaan. Termasuk tombol-tombol yang ada di kapsul tersebut. Beberapa tombol atau fasilitas yang ada antara lain adalah colokan charger, lampu baca, kipas angin, dan pendingin. Di kamar dormintory juga disediakan loker untuk menyimpan tas dan barang bawaan tamu. Jumlah kapsul sebanyak empat unit. Rencananya akan ditambah dua unit lagi sehingga nantinya berjumlah sebanyak enam unit kapsul. Kapsul yang aku tempati sangat bersih dan nyaman. Bagi yang memiliki tinggi lebih dari 180 cm tidak cocok untuk menggunakan kapsul ini. Karena akan merasa tidak nyaman ketika beristirahat.

Dormntory kapsul. Yang pertama di Sumatera
Kamar mandi dan toilet terletak di ujung kamar. Tersedia air hangat. Kota Bukittinggi yang merupakan dataran tinggi memiliki udara yang dingin sehingga ketersediaan air panas sangat diperlukan. Selain itu, di dekat kamar mandi juga tersedia tempat untuk menjemur handuk.

Fasilitas
Selama menginap di Hello Guest House akan mendapatkan berbagai fasilitas. Seperti wifi gratis dan sarapan. Menu sarapan dihidangkan di dekat meja resepsionis. Ada yang unik dalam sarapan di Hello Guest House, yaitu setiap tamu diharuskan meletakkan piring kotornya ke tempat yang sudah disediakan. Selama dua hari aku menginap, menu sarapan yang dihidangkan adalah lontong sayur dan nasi goreng. Tentu saja rasanya enak, khas masakan rumahan. Minuman kopi dan teh juga tersaji di sebelah tempat makan. bebas kalau mau menambah teh atau kopi. Aku saja sampai minum dua cangkir kopi.
Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Fatmawati

Menu sarapan, Lontong Sayur
Sudut Lobi
Hello Guest House juga menyediakan persewaan motor dengan harga Rp 80.000/hari. Selain itu, Cik Ling juga menyediakan peta wisata yang ada di Kota Bukittinggi dan sekitarnya. Tamu penginapan tidak hanya wisatawan domestik, namun juga dari wisatawan mancanegara. Beberapa piagam penghargaan dari salah satu situs traveling yang tersusun rapi di dinding.

Beberapa penghargaan
Selain ramah, Cik Ling juga suka berkirim postcard. Hal itu terlihat dari banyaknya postcard yang ada di meja resepsionis. Postcard tersebut kebanyakan dikirim oleh para wisatawan mancanegara yang pernah menginap di Hello Guest House. Orang asing memang lebih suka berkirim postcard dibandingkan dengan orang Indonesia. Aku sendiri juga suka berkirim postcard dan berjanji untuk mengirim postcard dari Semarang untuk Cik Ling. Nanti bakal aku kirimi postcard cik, tunggu saja.
Baca Juga: Rumah Pengasingan Bung Karno

Cik Ling, Pemilik Hello Guest House
Aku menginap di Hello Guest House selama dua malam. Aku sangat terkesan dengan pelayanan yang dilakukan oleh Cik Ling. Suatu saat jika kembali ke Bukittinggi, aku bakal menginap lagi di Hello Guest House. Begitu juga untuk teman-teman jika pergi ke Kota Bukittinggi, jangan lupa untuk menginap di Hello Guest House. Karena Hello Guest House memiliki pelayanan yang bagus, terletak di lokasi yang strategis, harga yang terjangkau, dan fasilitas yang lengkap.

Tips menginap di Hello Guest House:
1. Sebaiknya memesan terlebih dahulu sebelum tiba di Kota Bukittinggi.
2. Pemesanan bisa dilakukan melalui telepon hotel, situs atau aplikasi pemesanan hotel.
3. Sebaiknya tidak kembali ke hotel pada larut malam.
4. Jaga ketenangan dan kebersihan selama menginap.
5. Patuhi segala peraturan yang ada di Hello Guest House.

Hello Guest House
Alamat: Jalan Teuku Umar 6B, Kampung Cina, Bukittinggi, Sumatera Barat.
Telepon: (0627) 5221542
Website: www.helloguesthouse.net



15 Comments

  1. Wow kapsulnya beneran kapsul ini mah. Kayak di Soetta atau North Quay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyyaaa mas, kapsul pertama yang ada di pulau sumatera

      Delete
  2. Selalu penasaran sama sensasi "tidur di dalam kapsul" hehe. Itu 130 ribu udah dapet makan dari pihak Hello Guest House, mas? Murah juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dapat sarapan mas. cukup terjangkau, apalagi fasilitas dan pelayanan yang diberikan juga sangat baik.

      Delete
  3. Kapsulnya menarik ini. Di Semarang yg kupakai nggak seperti ini :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di semarang aku malah belum pernah mas. Padahal orang semarang :(

      Delete
  4. Wah, hotelnya keren. Layak dicoba nih.

    ReplyDelete
  5. Wah penasaran pingin tidur didalam capsul itu mas, seru kayaknya siapa tahu bisa ketemu sama mahluk yang namanya avatar hehehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak sampai ketemu avatar juga sih mas. Paling ketemu orang-orang bukittinggi :D

      Delete
  6. jadi kepikiran kalau pipis gimana ya, yang pasti bukan di kapsulnya kan?
    belum pernah nginap di kapsul gini, takutnya nanti ujug ujug nyampe di planet namec nyusul bejita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja mas, khan sudah ada toilet. Ga perlu khawatir pipis di celana :D

      Aku pengennya juga gitu mas, berharap bisa sampai di planet krypton :D

      Delete
  7. Wah ada yah guest house sekeren itu. Saya baru pindahan nih ke Bukittinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik kalau gitu mas. Bukittinggi punya suasana yang enak buat tinggal :D

      Delete
    2. betul bang. Kota yang sejuk meski ada macetnya juga

      Delete